MUHARROM

بسم الله الرحمن الرحيم
1. Hal-hal yang dibaca pada tanggal satu Muharrom.
Syekh Jamaluddin berkata syekh Umar bin Qotadah al-Maqdisi ra. mengajariku doa awwal tahun dan doa akhir tahun para guru-guruku selalu berwasiat kepadaku agar membaca doa itu dan beliaupun membacanya dan aku tidak pernah ketinggalan untuk membacanya sepanjang umurku.
a. Doa awwal tahun yaitu :
بسم الله الرحمن الرحيم وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم أللهم أنت الأبدى القديم الأول وعلى فضلك العظيم وكريم جودك المعول وهذا عام جديد قد أقبل أسألك العصمة فيه من الشيطان وأوليائه والعون على هذه النفس الأمارة بالسوء والإستغال بما يقربنى إليك زلفى ياذاالجلال والإكرام وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم 3
Maka Allah memasrahkan dua malaikat untuk menjaganya dari syetan dan pengikutnya.
b. Adapun doa akhir tahun yaitu :
بسم الله الرحمن الرحيم وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم اللهم ماعملت فى هذه السنة ممانهيتنى عنه فلم أتب منه ولم ترضه ونسيته ولم تنسه وحلمت على بعد قدرتك على عقوبتى ودعونتى إلى التوبة بعد جراءتى على معصيتك فإنى أستغفرك فاغفرلى بفضلك وماعملت فيها مماترضاه ووعدتنى عليه الثواب فأسألك اللهم
ياكريم ياذاالجلال والإكرام أن تتقبله منى ولاتقطع رجائى منك ياكريم وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم 3

Maka syetan berkata aku telah cape selama setahun untuk menggodanya, maka rusaklah hasil kerjaku dalam sesaat. (Addairobi : 73).
Abul yasr al-qotton kholifahnya syekh karimuddin Al-Kholwati dari Al-Qutb Damardas Ra. Sesungguhnya barang siapa yang membaca Ayat kursi pada Awwal Muharrom (tanggal satu) sebanyak 360 kali dengan diawali basmalah pada tiap satu kali setelah selesai maka membaca doa
اللهم يامـحول الأحوال حول حالنا إلى أحسن الأحوال بـحولك وقوتك ياكبير يامتعال ياعزيز يامفضال وصلى الله على سيدنامحمد وعلى آله وصحبه وسلم
Maka ia di jaga dan mendapat aman dan dijaga dari hal-hal yang ditakutkan dan tidak disenangi. (Addairobi : 12)
c. Menulis jimat
Sebagian Ulama berkata bahwa barang siapa yang menulis
بسم الله الرحمن الرحيم sebanyak 113 pada sebuah kertas pada tanggal satu Muharrom kemudian membawanya maka ia tidak akan terkena hal-hal yang tidak disukai selama hidupnya. (Addairobi : 4).
Untuk mengusir al-hawam (hewan gremet) yang membahayakan maka menulis ayat : أفأمن أهل القرى أن يأتيهم بأسنا بياتا وهم نائمون إلى قوله خاسرون
Maka tulislah pada awwal muharrom pada kertas kemudian di basuh dengan air dab percikkan pada sudut-sudut rumah dan kamar maka aman dari segala kejelekan tersebut dengan izin Allah. (Addairobi : 34).
Dalam kitab tajulmuluk diterangkan bahwa siapa yang menulis السلام pada sebuah wadah dan dilebur dengan air sumur hari Asyuro kemudian disiramkan pada tanaman, padi, pohon, kurma, atau tumbuhan lainnya maka akan selamat dari bahaya seperti belalang, burung dan hewan-hewan yang merusak lainnya. Juga jika ditulis dan dibawa oleh binatang atau anak kecil maka aman dari bahaya jiwa, mata, dan gila. (Tajulmuluk : 52).

2. Hal-hal yang dibaca pada tanggal sepuluh Muharrom.
Al-Ajhuri ra. berkata Syekh Muhammad Ghowtsullah menuturkan dalam kitab jawahir al-Khomsi bahwa sesungguhnya orang yang membaca doa
بسم الله الرحمن الرحيم
حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير 70
سبحان الله ملء الميزان ومنتهى العلم ومبلغ الرضا وزنة العرش لا ملجأ ولامنجى من الله تعالى إلا إليه سبحان الله عددالشفع والوتر وعدد كلمات ربناالتامات كلها أسألك السلامة برحمتك ياأرحم الراحمين ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم وهو حسبي ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم أجمعين 7

Maka tidak akan mati pada tahun ini dan jika sudah dekat ajalnya maka tidak akan mendapat pertolongan untuk membacanya. (Addairobi : 74) dan (Al-Aththor : 51). sedang dalam kitab hamis Fathul muin dicukupi dari segala kejelekan tahun itu. (al-Malibari : 267)
Dari sebagian orang-orang sholeh sesungguhnya orang yang membaca ayat kursi pada malam 10 muharrom setelah wudu dengan sempurna dan sholat dua rokaat sebanyak 360 kali dengan membaca basmalah pada tiap satu kali dengan menghadap kiblat dan bersedekuh, setelah selesai maka membaca :
قل بفضل الله وبرحمته فبذلك فليفرحوا هو خير ممايـجمعون 18
اللهم إن هذه ليلة جديدة وشهر جديد وسنة جديد أعطنى اللهم خيرها وخير مافيها واصرف عنى شرهاوشرمافيها وشرفتنتها ومحدثاتها وشرالنفس والهوى والشيان الرجيم 12
Dan akhiri dengan doa-doa yang diinginkan baik dari quran atau lainnya dan mendoakan muslimin muslimat setelah membaca sholawat kepada Nabi saw dan membaca tasbih dan tahlil berkali-kali maka akan dijaga pada tahun itu dari segala kejelekan dan penyakit-penyakit. Allah maha kuasa atas segala sesuatu. (Addairobi : 13).
Barang siapa membaca ayat kursi dan surat Ikhlas pada hari Asyuro sebanyak 100 kali kemudian berdoa untuk kedua orang tuanya maka Allah meringankan siksa atas kedua orang tua tersebut walaupun keduanya orang musyrk. (Addairobi : 36)
Dari Ibnu mas'ud ra. Sholat dua rokaat tiap rokaat membaca AL-fatihah sekali dan al-Ikhlas 3 kali setelah salam membaca :
سبحان الله والحمدلله ولآإله إلاالله والله أكبر 70 اللهم صل على سيدنا محمد 70 (الديربى 36)
3. 'Asyuro
a. Puasa 'Asyuro
Asyuro yaitu: Tanggal 10 Muharrom,disunnahkann berpuasa karena bisa melebur dosa Setahun yang telah lewat, sebagaimana dalam kitab Shohih Muslim didalam kitab taurot ditulis siapa puasa 'asyuro maka seolah-olah ia puasa setahun penuh.
عن أبى قتادة رضى الله عنه سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن صيام يوم عاشوراء فقال يكفر السنة الماضية (إرشادالعباد : 15)
Dari abi Qotadah ra. nabi ditanya tentang puasa hari asyuro, nabi menjawab menghapus dosa setahun penuh. (Al-Malibari : 15)
Allah memfardlukan (wajib) puasa kepada bani isroil setahun Cuma satu hari yaitu hari asyuro, dari As Saykhon dari Ibnu Abbas ra. Sesungguhnya rosulullah saw mendatangi madinah maka menemukan orang-orang Yahudi berpuasa pada hari asyuro kemudian rosulullah saw bersabda menanyakan kepadanya hari apa ini, kamu sekalian puasa di hari ini? Mereka (orang-orang yahudi) berkata : ini adalah hari yang agung, Pada hari ini Allah menyelamatkan Nabi Musa dan qoumnya dan menenggelamkan Firaun dan qoumnya, kemudian Nabi Musa puasa pada hari ini karena syukuran kepada Allah maka kamipun ikut berpuasa, kemudian Nabi Saw bersabda kami lebih berhaq atas Nabi Musa As dari pada kamu sekalian. Lantas Nabi berpuasa dan memerintah para sahabatnya agar berpuasa dihari Asyuro.(Al-Malibari : 266. j :2)
b. Puasa Tasu'a dan Hikmahnya.
Sunnah puasa Tasu'a (tanggal 9 muharrom) karena ada hadits :
لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع
(benar-benar seandaynya saya tahun depan masih hidup maka Niscaya saya akan berpuasa tanggal 9 'asyuro) kemudian Nabi wafat sebelum tanggal 9 'asyuro.
Hikmah puasa Tasu'a
1. Membedakan dengan Orang yahudi dan itu untuk orang yang tidak puasa tanggal 11nya.
2. Ikhtiyat (hati-hati) kemungkinan kesalahan mnentukn awal tahunnya. (Al-Malibari : 266 j :2)
Hadits-Hadits Tentang Fadilah Puasa Dibulan Muharrom
عن أنس رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم: من صام أول جمعة من المحرم غفر له ماتقدم من ذنبه, ومن صام ثلاثة أيام من المحرم الخميس والجمعة والسبت كتب الله له عبادة تسعمائة عام.من صام يوما من المحرم كان له بكل يوم ثلاثون يوما(رواه الطبراني) قال النبي صلى الله عليه وسلم : من صام أيام العشر إلى عاشوراء أورث الفردوس الأعلى. وعن النبي صلى الله عليه وسلم : من صام عاشوراء كتب الله له ألف حجة وألف عمرة وأعطى ثواب الف شهيد وكتب له أجر مابين المشرق والمغرب وكان كمن أعتق ألف نسمة من ولد إسماعيل, ويكتب له سبعون ألف قصر فى الجنة وحرم الله جسده على النار. وفى حديث آخر: من صام عاشوراء أعطى ثواب عشرة ألاف ملك .إهـ .نزهة المجالس. ومن قرأ قل هوالله أحد ألف مرة يوم عاشوراء نظرالله إليه بعين الرحمة وكتب من الصديقين. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من وسع على عياله يوم عاشوراء وسع الله عليه فى سنته كلها (رواه البيهقى والطبرانى ) من اكتحل يوم عاشوراء لم يرمد ذلك العام, من اغتسل يومه لم يمرض كذلك. من أحيا ليلة عاشوراء بالعبادة فكأنما عبدالله تعالى مثل عبادة أهل السموات السبع. ومن مسح فيه على رأس يتيم أو أحسن إليه فكأنما أحسن إلى أيتام أولاد آدم كلهم. من صلى فيه أربع ركعات غفرت له ذنوب خمسين عاما. ومن اغتسل وتطهر يوم عاشوراء لم يمرض فى سنته إلا مرض الموت . من عاد مريضا فى يوم عاشوراء فكأنما عادمرضى بنى آدم كلهم. من عاد مريضا لم يزل فى خرفة الجنة . عائدالمريض يـخوض فى رحمة الله تعالى فإذاجلس عنده إنغمس فيها.
c. Hal-Hal Yang Sunnah Dilakukan Di Hari 'Asyuro
Sebagian 'ulama mengumpulkan ada 12 tingkah:
1. Sholat,
2. Shilaturrohim
3. Shodaqoh
4. Mandi
5. Celakan
6. Mengunjungi Orang 'Alim
7. Menjenguk Orang Sakit
8. Mengusap kepala Anak Yatim dngan kasih
9. Meluaskan Uang belanja kepada keluarga
10. Memotong kuku
11. Membaca Surat Ikhlas 1000.
12. Puasa.
Kesimpulannya sesungguhnya melakukan hal yang 10 pada hari 'Asyuro itu tidak sohih haditsnya kecuali Haditsnya dua perkara: puasa dan meluaskan rizqi pada keluarga saja. (I'anatuttholibin : 267)
-- Sholat,
Sholat malam 'asyuro yang paling utama adalah : Sholat Tasbih, diterangkan dalam kitab Nihayatuzzen ada hadits.
من صلى فيه أربع ركعات غفرت له ذنوب خمسين عاماوبنى له منبرا من نور.
siapa Sholat dihari 'asyuro empat roka'at pada tiap rokaat membaca: Fatihah, dan surat Al-ikhlas 11kali, maka Allah swt. mengampuni Dosa 50 thun dan membangun untuknya mimbar dari cahaya. (Ashshofuri : 174).
من صلى فيه أربع ركعات يقرأ فى كل ركعة الحمدلله مرة وقل هو الله أحد إحدى وخمسين مرة غفرالله له ذنوب خمسين عاما. (إعانة الطالبين 267)
- Shodaqoh.
ومن سقى فى يوم عاشوراء شربة ماء سقاه الله يوم العطش الأكبر كأسا لم يظمأ بعدها أبدا وكأنما لم يعص الله طرفة عين , ومن تصدق فيه بصدقة فكأنما لم يرد سائلا قط. (إعانة الطالبين 267)
Barang siapa memberi minum pada hari asyuro dengan satu minuman maka Allah memberinya minum pada hari dahaga yang besar satu gelas yang tidak akan dahaga selamanya setelah meminumnya. Al-Malibari : 267)
Siapa Sodaqoh dihari asyuro maka seolah-olah ia tidak pernah menolak orang yang meminta dan siapa yang mnunjukkan orang yang tersesat maka Allah mmenuhi hatinya denga cahaya, siapa memulyakan orang miskin maka Allah memulyakannya pada hari ia diletakkan didalam kuburan.
- Mandi
ومن اغتسل وتطهر يوم عاشوراء لم يمرض فى سنته إلا مرض الموت .
Barang siapa Mandi di hari 'asyuro: maka ia tidak akan sakit pada tahun itu kecuali sakit mati,
- Celakan
من اكتحل يوم عاشوراء لم يرمد ذلك العام
Barang siapa celakan dihari 'asyuro maka tidak akan sakit mata pada tahun itu.
Menurut Imam Annasafi : tidak akan sakit mata hatinya. Faedah celakan dengan air lobak itu menguatkan mata dan menghilangkan Ruthubah (basah) dari kedua mata, Madu itu menguatkan mata baik dimakan atau untuk celakan, juga makan kemangi. Meminum air mawar atau menciumnya, atau mencium Bunga Bawang itu menguatkan Otak, Nabi Saw bersabda : memkai celak pada kedua mata itu menajamkan mata. Celakan dengan lada hitam itu bermanfaat dari gelapnya penglihatan. (Ashshofuri : 174).
-- Menjenguk orang sakit
من عاد مريضا فى يوم عاشوراء فكأنما عادمرضى بنى آدم كلهم
Siapa menjenguk orang sakit pada hari 'asyuro maka seolah-olah ia menjenguk semua anak Adam yang sedang saklit.
من عاد مريضا لم يزل فى خرفة الجنة.
Barang siapa menjenguk orang sakit dihari asyuro maka ia selalu berjalan di perkebunan surga. (Ashshofuri : 174).
- Mengusap kepala Anak Yatim.
من مسح فيه على رأس يتيم أعطاه الله بكل شعرة شجرة فى الجنة عليها من الحلى والحلل مالايعلمه إلاالله (174. نزهة المجالس)
Artinya : Siapa mengusap kepala Anak yatim pada hari 'Asyuro maka Allah memberikan pada tiap rambut pohon di surga, yang atasnya terbuat dari perhiasan dan perhiasan-perhiasan itu tidak ada yang mengetahui kecuali Allah. (Ashshofuri : 174).
ومن مسح فيه على رأس يتيم أو أحسن إليه فكأنما أحسن إلى أيتام أولاد آدم كلهم
Barang siapa di hari Asyuro mengusap kepala anak yatim atau berbuat baik kepadanya maka seolah-olah ia berbuat baik kepada semua anak Adam. (Al-Malibari : 267)
- Meluaskan rizqi pada keluarga.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من وسع على عياله يوم عاشوراء وسع الله عليه فى سنته كلها (رواه البيهقى والطبرانى )

Siapa meluaskan rizqi pada Istri dan keluarganya dihari 'Asyuro maka Allah akan meluaskan rizqi kepadanya seluruh tahun itu. (HR. Thobroni)
-- Membaca Surat al-ikhlash 1000.
ومن قرأ قل هوالله أحد ألف مرة يوم عاشوراء نظرالله إليه بعين الرحمة وكتب من الصديقين. (173 نزهة المجالس)
Siapa membacanya maka Allah akan melihat dengan penglihatan kasih sayang dan ditulis kedalam golongan assiddiqin. (Nuzhatul Majalis,dan I'anatuttolibin)
d. Kejadian-Kejadian 'Asyuro
1. Diterimanya Tobat Nabi Adam as.
2. Diangkatnya Nabi Idris as. ketempat yang Tinggi.
3. Mendaratnya perahu Nabi Nuh as. dibukit Judi.
4. Nabi Ibrohim as. dilahirkan dan selamat dari Api.
5. Allah menurunkan Taurot kepada Nabi Musa as.
6. Nabi Yusuf as. dikeluarkan dari sumur dan dari penjara
7. Nabi Ya'qub as. pulih kembali penglihatannya dan berkumpul kembali dengan Nabi yusuf as. setelah berpisah selama 8 th waqila 40 th.
8. Dihilangkannya Bahayanya Nabi Ayyub as.
9. Nabi Yunus as. keluar dari perut ikan besar (selama 40 Hari) dan diterima tobatnya qoum Nabi Yunus
10. Terbelahnya laut untuk qoum bani Isroil.
11. Allah Mengampuni Nabi Dawud.
12. Nabi Sulaiman as. diberi kerajaan.
13. Allah mngampuni Nabi Muhammad saw. Dosa-dosa yang telah lewat dan yang akan datang.
14. Allah swt. menciptakan Dunia dan Awal turunnya Hujan, menciptakan qolam, mnciptakan Nabi Adam as. dan Siti Hawa.
15. Awal turunya Rahmat kebumi.
16. Dilahirkannya Nabi Isa as. dan diangkat kelangit
( kitab I'aanatuttolibin,Nihayatuzzen,Nuzhatulmajalis)
e. Tanbihun (hal-hal yang perlu diingat) : Mendaratnya Nabi Nuh as. di bukit Judi setelah air berada diatas bumi selama 150 hari, dan air surut selama 40 hari, 40 malam, dan Allah menguasakan perahu untuk berbicara: لاإله إلاالله إله الأولين والأخرين saya adalah perahu, yang barang siapa menaikinya maka akan selamat dan barang siapa meninggalkannya (tidak ikut naik) maka akan tenggelam, dan tidak akan bisa memasukiku kecuali orang ahli ikhlas. kemudian Nabi Nuh as. memanggil dari loteng atas rumahnya " Wahai binatang-binatang buas, binatang peliharaan, binatang liar, burung-burung yang terbang kemarilah ke perahu yang menyelamatkan.
Panjang dan tingginya perahu itu 1000 diro' dan air bisa menutupi atau naik sampai 800 diro', Nabi Nuh bersama qoumnya menaiki perahu pada hari Rabu tanggal 12 Rajab.
Alhamdani berkata : ketika Allah memrintahklan dengan membuat perahu, Nabi Nuh mengambilnya dari 124 000 papan pada tiap papan tertulis nama Nabi, dan dipapan paling Akhir nama Nabi Muhammad SAW ketika pembuatannya talah sempurna maka butuh empat papan lagi dan ketika mengambilnya pada tiap papan terdapat tulisan Nama –Nama Khulafa urrosyidin yang empat ketika tampak Nama Nabi Muhammad Saw dan shohabatnya yang empat maka selamatlah perahu itu dari tenggelam, begitu pula siapa yang mencintai Nabi Muhammad saw. dan shohabat yang empat maka selamatlah dari api Neraka. (Ashshofuri : 174).
Tatkala Nabi Nuh as. dan para pengikutnya turun dari perahu maka mereka mengeluh lapar dan bekal benar-benar telah habis, maka Nabi Nuh. As. memerintahkan kepada para pengikutnya untuk mendatangkan sisa bekalnya, kemudian mereka ada yang datang membawa segenggam gandum, ada yang segenggam kacang 'adas, segenggam kacang ful, segenggam kacang kedelai, sampai mencapai tujuh biji dan hari itu hari 'asyuro, kemudian Nabi Nuh as. memasak biji-bijian itu terus mereka makan semuanya dan terasa kenyang dengan berkahnya Nabi Nuh as. sebagaimana dalam Al-quran:
قيل يانوح اهبط بسلام منا وبركات عليك وعلى أمم ممن معك
Dan itu adalah pertama kali makanan yangdimasak dibumi setelah adanya Thofan, dan para manusia mnjadikannya sebagai sunnahnya hari 'Asyuro, dan didalamnya terdapat pahala yang besar bagi orang yang melakukannya dan membagikannya kepada orang-orang faqir dan miskin. (kitab RoudlulFaiq) (Nihayatuzzen : )
f. Hikayat 'Asyuro
Di Mesir ada seorang laki-laki yang tidak memiliki apa-apa kecuali satu baju yangsedang dipakainya kemudian ia sholat shubuh dimasjid Jami' shohabat 'Amr bin 'Ash ra, pada hari 'Asyuro kebiasaan dimasjid itu waita tidak boleh masuk masjid kecuali pada Hari 'Asyuro karena untuk membaca Do'a, kemudian ada seorang perempuan berkata kepadanya berilah aku sesuatu karena Allah yang bisa memberi pertolongan atas Anak-anakku, Laki-laki itu berkata : ya, kemudian ia pulang dan ia memakai sarung terus ia memberikan baju itu kepada wanita tersebut dari belahan pintu, siwanita menerimanya sambil mengatakan : semoga Allah mmakaikan perhiasan kepadamu dari perhiasan-perhiasan surga, kemudian si laki-laki dalam tidurnya mimpi ia melihat seorang bidadari yang cantik di tangannya terdapat buah apel yang baunya wangi kemudian ia memecahnya dan didalamnya terdapat perhiasan, terus laki-laki itu bertanya : siapa kmu? Bidadari menjawab : saya 'Asyuro isterimu di surga, maka terbangunlah ia dan didalam rumahnya menemukan semerbak bau wangi, terus ia berwudlu dan Sholat dua Roka'at kemudian berdo'a :Ya Allah Jika Ia Benar-Benar Isteriku Di Dalam Surga Maka Cabtlah Nyawaku Untuk Menemuinya, Kemudian Allah Mengijabai Do'a Laki-Laki Itu, dan ia Mati Seketika Itu Juga. (Ashshofuri : 174)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar